Sabtu, 08 April 2017

Kelas Inspirasi Kebumen #2 Part-2 : Hari Inspirasi

Assalamulaikum warahmatullah wabarakatuh....



Selamat Pagi Sahabat Pejalan...
Perjalanan saya kali ini adalah mengikuti Kelas Inspirasi Kebumen #2 untuk pertama kalinya, setelah hanya angan-angan saja sebelumnya. Selepas Subuh saya bangun dan mandi serta membangunkan rekan-rekan lain yang menginap bersama saya yaitu Ferry, Rifki, Dini, Ida, Pakde Nanang dan Bunda Icha, sementara rekan lain akan menyusul yang kebetulan berdomisili di Kebumen. 

Para relawan Kelas Inspirasi Kebumen #2 ini datang dari berbagai profesi seperti Bunda Icha Sebagai Dosen, Kak Aditya sebagai Marketing di Perusahaan, Kak Ferry sebagai Pengusaha, Pak Nanang dari Badan SAR, Kak Ratih sebagai Presenter Ratih TV Kebumen, kak Ida sebagai Penyuluh Sosial di Suku Anak Dalam dan saya sendiri sebagai Penulis lepas.

Video Karya : Rifki
Suasana SDN Tambaksari Kuwarasan, Kebumen Jawa Tengah
Hari Ini Harus Lebih Baik Dari Hari Kemarin
Apa Cita-Cita Kamu?
Parkir Sepeda Adik-Adik SDN Tambaksari

Setelah semua beres mandi dan mempersiapkan kebutuhan Kelas Inspirasi, kita semua sarapan yang telah dipesan sebelumnya di Ibu Lurah Kuwarasan. Alhamdulillah hari ini cuaca cerah tepatnya Senin, 30 Januari 2017 adalah Hari Inspirasi di SDN Tambaksari Kuwarasan Kebumen Jawa Tengah. 

Pak Angga menyiapkan perlengkapan upacara
Para Siswa berbaris
Kak Ratih sebagai MC di Pembukaan Kelas Inspirasi Kebumen #2
Para Guru  dan Relawan SDN Tambaksari Kuwarsan Kebumen Jawa Tengah
Para Relawan dan Fasilitator
Jam sudah menunjukkan pukul 06.15 wib, saya dan Rifki berangkat terlebih dahulu untuk mengambil gambar dan video ketika adik-adik mulai berdatangan menuju sekolah, ada yang berjalan kaki, diantar oleh orang tua dan naik sepeda, seru pikirku udara pun masih sangat sejuk disini menambah semangat. Rekan-rekan semua pun sudah terkumpul tujuh (7) relawan inspirator (Bunda Icha, Pakde Nanang, Kak Ratih, Ika, Ida, Aditya, Ferry), Dini fotografer, Rifki sebagai videografer dan panitia lokal yang memfasilitasi kita semua yaitu Defa, Ella dan Fathiyah. Setelah semua relawan berkumpul untuk berkoordinasi di sekolah, karena tepat pukul 07.00 wib akan melakukan upacara dan sambutan pembukaan Kepala Sekolah tentang adanya Kelas Inspirasi.

Pembukaan Kelas Inspirasi dibuka oleh Bapak Sutrisno selaku Kepala Sekolah SDN Tambaksari dibantu MC oleh Kak Ratih, membuat semakin seru suasana pembukaan Kelas Inspirasi ini, diselingi senam pinguin, perkenalan masing-masing relawan selepas itu masuk menuju kelas masing-masing. Setiap relawan mendapat empat (4) kelas untuk berbagi tentang profesinya kepada adik-adik di sekolah. Saya mendapat bagian mengajar di kelas 6, 5, 2 dan 1 serta mengajar di masing-masing kelas selama 40 menit. Dalam hal pengajaran relawan harus menyampaikan secara intens empat (4) nilai pokok pengajaran yaitu tentang kejujuran, kerja keras, pantang menyerah, dan kemandirian sebagai jalan untuk mewujudkan apa yang dicita-citakannya. 

Keceriaan Adik-adik

Keceriaan Adik-adik

Keceriaan Adik-adik

Keceriaan Adik-adik

Keceriaan Adik-adik

Keceriaan Adik-adik

Keceriaan Adik-adik

Dalam hal penyampaian materi saya sebagai penulis, saya mengunakan kunci pada saat mengajar yaitu :

Siapakah aku?
Apa profesiku?
Apa yang kulakukan setiap hari saat bekerja?
Dimana aku bekerja?
Apa peran/manfaat dari profesiku di masyarakat?
Bagaimana caranya menjadi aku?

Relawan Inspirator Kak Ida Mawarni
Relawann Inspirator Pak Nanang
Relawan Inspirator Kak Ferry 
Relawan Inspirator Ika Soewadji
Relawan Inspirator Kak Aditya
Relawan Inspirator Kak Ratih dan Boneka Cuncun
Relawan Inspirator Bunda Icha

Metode penyampaikan materi saya mengunakan boneka tangan dan strategi gambar visual contohnya : menunjukkan foto-foto kemana saja saya sudah pergi berkeliling Indonesia agar menjembatani pesan-pesan yang ingin saya sampaikan supaya dapat dipahami dengan mudah oleh anak. Ada cerita lucu ketika mengajar adik-adik di kelas 6 dan 5 dimana mereka ingin sekali menjadi seperti saya karena asik bisa jalan-jalan dan melihat kearifan lokal budaya serta sejarah seperti yang saya tunjukkan lewat foto. Untuk mengajar di kelas 1 dan 2 sayamengajak mereka bermain  dan bernyanyi di halaman depan kelas, energi mereka sangat luar biasa jadi menambah semangat mengajar.


Metode Penyampaian Materi dengan Strategi Gambar Visual Contoh : Foto

Metode Penyampaian Materi dengan Strategi Alat Bantu contoh : Clay

Adapun hal yang ingin disampaikan dengan diadakan Kelas Inspirasi kebumen #2 yaitu :

a. Memperluas wawasan adik-adik di SDN Tambaksari akan pilihan profesi yang bisa dijadikan cita-cita
b. Memberi motivasi untuk terus melanjutkan pendidikan.
c. Menyadarkan amat pentingnya sikap saling hormat-menghomati orang tua dan guru dalam upaya mewujudkan cita-cita dan mimpi tertinggi mereka.

Bagi saya pribadi mengikuti Kelas Inspirasi Kebumen #2 sangat mengesankan sekali walau baru pertama kali. Memberikan pengalaman mengajar dan belajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi serta pengorbanan yang nyata terhadap perbaikan masa depan bangsa dan semangat voluntourism untuk mengatasi masalah disekitar kita tanpa harus menunggu orang lain terlebih dahulu dan tanpa menyalahkan pihak manpun.

7 (tujuh) Prinsip Dasar Kelas Inspirasi Kebumen #2 :

a. Sukarela
b. Bebas Kepentingan
c. Tanpa biaya
d. Siap belajar
e. Turun tangan langsung
f. Siap bersilahtuhrahmi
g. Tulus

Selepas mengajar di empat (4) kelas jam sudah menunjukkan pukul 11. 40 wib, saya sudah diberitahu oleh fasilitator  untuk bersama adik-adik keluar kelas dan menuliskan impian adik-adik dan menempelkannya di spanduk Kelas Inspirasi Kebumen #2 yang sudah disiapkan. Adik-adik tampak antusias menempelkan cita-cita mereka, ada yang ingin menjadi guru, tentara, dalang dan lain-lainya, semangat ya adik-adiku sayang kalian sangat membanggakan sebagai generasi penerus bangsa. Setelah acara ditutup semua relawan, guru dan adik-adik berfoto bersama di depan sekolah dan membuat formasi mannequin challenge oleh Rifki.

Adik-adik menempel walet cita-cita
Menempel Cita-cita
Dian salah satu siswa Kelas 6
Kak Ratih dengan Adik-adik Kelas 5
Foto Bersama dengan Keluarga Besar SDN Tambaksari
Foto Bersama Relawan dan Guru SDN Tambaksari

Sungguh pengalaman yang menarik bagi saya bisa berjumpa dengan adik-adik, guru yang sangat terbuka menyambut kita semua. Terima kasih saya ucapkan kepada fasilitator lokal Defa, Ella, Fathiyah, Panitia Kelas Inspirasi Kebumen #2, Pak Soetrisno Kepala Sekolah SDN Tambaksari dan guru-guru, adik-adik SDN Tambaksari, relawan inspirator, videografer dan fotografer, serta Ibu Lurah dan Ayu yang sudah memberi tumpangan tidur dan menyiapkan makan. Setelah semua selesai, relawan lalu membereskan perlengkapan dan berpamitan ke pihak sekolah lalu kembali menuju Rumah Martha Tilaar untuk hari refleksi.

bersambung di Kelas Inspirasi Kebumen #2 : Hari Refleksi

Wassalamulaikum warahmatullah wabarakatuh...







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Petualangan Dari Sudut Pandang - Ika Soewadji -

  Tidak Menyangkal era perkembangan jaman saat ini, memudahkan aku sebagai pejalan untuk melakukan petualangan. Berpetualang bagi aku prib...